Agar Tidak Mabuk Kendaraan, Hindari Posisi Duduk di Bus Berikut Ini!

Bepergian dengan sewa bus pariwisata tentu sangat menyenangkan. Terutama bila seru-seruan dengan teman sekolah, sejawat atau bahkan keluarga besar. Tapi untuk orang yang mudah mabuk, realitanya berbeda. Perjalanan seru bisa berubah jadi menyiksa. Ada orang yang memang terlahir mabuk kendaraan dan biasanya minum obat anti mabuk sebelum naik bis. Namun, tahukah anda ada posisi duduk tertentu yang bisa mengurangi rasa mual karena mabuk kendaraan?

Posisi yang Bikin Mabuk Kendaraan

Bepergian jarak jauh dari Jakarta ke Jogjakarta atau Malang, anda bisa menghabiskan waktu seharian dalam bis. Namun, masalah beratnya bukan pada harga sewa bus pariwisata Jakarta, namun perasaan tidak nyaman karena mabuk kendaraan selama perjalanan. Tidak ada yang mau bertamasya dengan kondisi badan tidak enak. Coba atur posisi duduk, karena ternyata ada loh, area-area dalam bus yang bisa buat orang jadi tidak terlalu mabuk dalam perjalanan.

1. Kursi Paling Belakang

Hal yang buat orang mabuk kendaraan adalah adanya guncangan. Jadi duduk didekat posisi ban belakang akan menyebabkan orang merasakan goncangan hebat, kalau jalanan tidak mulus. Bahkan adanya polisi tidur sudah cukup untuk menyebabkan rasa mual dan pusing. Jadi, hindari duduk dalam bis dibagian belakang.

2. Duduk Terlalu Depan

Mungkin anda pikir dengan duduk depan dan melihat jalan didepan, tidak akan menyebabkan mabuk. Tapi roda depan posisinya didepan, jadi sangat mungkin area depan lebih terasa gunjangannya. Selain itu pandangan yang terlalu luas justru bikin tambah mabuk. Hindari posisi duduk terlalu depan yang buat anda terdistraksi baik dengan orang yang lalu lalang dan guncangan roda.

3. Tempat Duduk menghadap Jendela

Duduk diarea tengah adalah posisi yang paling aman. Guncangan tidak terlalu terasa dan bagian tengah tidak terlalu banyak dihadapi orang yang berjalan lalu lalang. Pilih tempat duduk yang dekat jendela agar dapat melihat keluar dan buat pikiran jadi tenang. Dengan demikian orang yang mabukan bisa beristirahat dengan tenang dan aman selama perjalanan.

4. Duduk Menunduk

Agar posisi kepala dapat beristirahat dengan santai, rebahkan kepala pada kursi. Bila melakukan kegiatan seperti bermain HP, membaca atau tidur, usahakan posisi kepala tidak menunduk. Karena posisi tersebut bisa menstimulus rasa mual. Jadi, perhatikan posisi kepala dan coba untuk relax sebisa mungkin.

Baca juga: Walau Kecil Minibus Isuzu Elf Siap Beri Manfaat Besar Bagi Perjalanan Wisata!

5. Duduk Dekat WC atau Ruangan Merokok

Dalam bis ada bagian yang didesain untuk sebagai ruanan merokok yang biasanya sekaligus juga dekat dengan WC. Orang yang gampang mabuk kendaraan perlu menjauhi bau-bauan yang bikin mual dan pusing. Oleh karena itu, duduklah agak jauh dari tempat duduk yang bisa mencium berbagai bau tidak sedap tersebut. Untuk mengatasinya juga bisa menggunakan minyak kayu putih atau minyak aromatheraphy.

6. Bagian yang Kurang Sirkulasi Udara

Tempat duduk dalam bis biasanya dilengkapi dengan AC. Pastikan tempat duduk anda tidak terlalu panas atau dingin. Karena temperatur yang terlalu ekstrim juga dapat memicu rasa mabuk yang tidak nyaman. Selain itu, duduklah dengan nyaman dan atur pula besar kecilnya cahaya matahari yang bisa masuk melalui jendela.

Posisi menentukan prestasi, dan dalam hal ini, istilah tersebut sangatlah cocok. Bagi yang sering mabuk dalam kendaraan, posisi diatas bisa dicoba diterapkan. Apakahbenar-benar ampuh menangani rasa mual dan pusing hanya dengan mengatur posisi tempat duduk saja.

Share: